Ganti Template, Bagaimana Caranya Ya?

on Sunday, March 14, 2010

Logo Blogspot
Bosan dengan template itu-itu saja? Atau kamu berkeinginan untuk mengganti template yang kamu pilih saat membuat blog pertama kali, sementara blogspot menyediakan/memiliki template yang terbatas? Jika iya, apa yang harus dilakuakan?

Template yang menarik adalah idaman bagi setiap blogger karena dengan template yang menarik akan mempengaruhi pengunjung kamu menjadi nyaman dan kembali lagi ke blog kamu disamping artikel-artikel bagus yang kamu posting.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengubah/mengganti template khususnya bagi blogspot.

1. Cari dan downloadlah template yang kamu sukai. Ada banyak site yang menawarkan template secara gratis misalnya seperti: free blogger templates, finalsense dlsb. Kebanyakan site-site yang menawarkan template tersebut juga disertai dengan Demo-nya. Cobalah. Jika kamu suka, silahkan didownload dan disimpan di komputer.

2. Sebelum mengganti template yang ada, terlebih dahulu backup/save dengan cara download template kamu saat ini dan simpan di komputermu. Ini penting, karena setelah kamu ganti dan simpan template yang baru, kemudian terasa penampilan template yang baru kurang menarik, template sebelumnya yang sudah dibackup/disimpan bisa digunakan lagi.

Upload ke Blogger3. Upload ke Blogger.com. Untuk merubah template blog, kamu perlu meng-upload template barumu ke server blogger.com. Caranya: masuk ke Layout(a) > Edit HTML(b) > Klik Browse...(c)(untuk mengambil template baru yang sudah didownload dan disimpan di komputer) > Upload(d).
(lihat gambar disamping).

Konfirmasi widgets
4. Blogger.com akan menanyakanmu untuk konfirmasi widget yang akan dihapus.

Keep Widgets = widget-widget yang ada sebelumnya akan tetap digunakan dan akan muncul di template yang baru.
Delete Widget = menghapus widget-widget yang ada sebelumnya yang tidak akan digunakan lagi dan tidak akan muncul di template yang baru.
Cancel = membatalkan, artinya kamu kembali menggunakan template sebelumnya.

Change saved
5. Jika kamu memutuskan untuk menghapus widget-widget tersebut, klik Delete Widgets dan setelah itu akan muncul seperti gambar disamping kiri.

View Blog
6. Untuk melihat hasilnya klik View Blog (lihat gambar disamping kanan).


7. Selesai.

Jika hasil yang diharapkan tidak sesuai atau template yang baru masih tidak menarik buat kamu, silahkan ulangi lagi langkah-langkah diatas.

Selamat mencoba...!!!

 EUBAGUTNRR9C

0 comments:

Post a Comment